Program Hubungan Masyarakat SMA Negeri 5 Binjai

Posted by on Jul 15, 2020 in Kegiatan Sekolah (Umum) | No Comments
Program Hubungan Masyarakat SMA Negeri 5 Binjai

Bapak May Friswanto, SPd - Wakil Kepala Sekolah Hubungan Masyarakat SMA Negeri 5 Binjai

 

Alhamdulillahirobil’alamin segala puji bagi allah yang telah melimpahkan rahmatNya kepada kita semua. Semoga kita semua selalu sehat dan dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

SMA Negeri 5 Binjai pada tahun ajaran 2020-2021 melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan model daring sesuai dengan arahan Mentri Pendidikan, Gubernur Sumut dan Dinas Pendidikan SUMUT.

Perkembangan teknologi komputer dan web di era revolusi industry 4.0 saat ini dan adanya pandemi covid19 memaksa kita untuk mengikuti arus perkembangan teknologi tersebut. Peranan komputer dan web dalam menyediakan layanan informasi merupakan faktor penting untuk berbagai institusi maupun perorangan.

Seperti halnya sekolah merupakan bagian dari suatu lembaga pendidikan yang harus selalu memberikan pelayanan yang terbaik sebagai suatu organisasi dalam perkembangan dan pencapaian visi, misi dan tujuan yang harus mengacu kepada pedoman dan arah pengembangan pendidikan. Terutama memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan yang diatur dalam Permendikbud No. 34 Tahun 2018. Media informasi yang mampu menjadi sarana komunikasi dan lingkup yang terkait pengelolaan administrasi, informasi dan kemudahan proses pembelajaran berbasis web menjadi hal yang utama yang harus diwujudkan.

Konsep pengembangan Portal belajar SIGUM dan Website SMA Negeri 5 Binjai adalah konsep menyeluruh yang bisa di fikirkan untuk segala kemudahan dalam memadukan system informasi dengan ruang pembelajaran serta kelas virtual termasuk kelengkapan dalam akses pencarian informasi, video, yang terkait dalam pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh Guru, Siswa dan Orang tua serta Komite sekolah.

Pengembangan Portal belajar SIGUM dan Website SMA Negeri 5 Binjai diupayakan untuk mengatasi efek negative penggunaan gadget (smartphone) di sekolah. Portal yang memiliki semua fasilitas hingga siswa dan guru tidak lagi membutuhkan aplikasi pencarian lain seperti Youtube, Face book, Instagram untuk antisipasi penggunaan konten di smartphone yang berakibat negative pada pembelajaran.

Karena fasilitas tersebut telah disediakan berupa media sosial link belajar (aplikasi facebook untuk Pendidikan) dan Channel online (aplikasi youtube Pendidikan). Hal ini dimaksudkan untuk memfilter konten video dan sarana komunikasi sosial hanya terbatas pada lingkup pembelajaran dan Pendidikan. Hal ini tentunya dapat mengurangi dampak negatif seperti masalah terpapar LGBT, Video Porno dan lainnya yang berakibat rusaknya moral generasi milenial dewasa ini.

Selain berita dan informasi update tentang masing-masing bidang dan unsur stake holder manajemen SMA Negeri 5 Binjai, pengembangan Portal belajar SIGUM dan Website SMA Negeri 5 Binjai dimungkinkan untuk perluasan manfaat yang sebesar-besarnya diutamakan untuk memenuhi kepuasan Guru, Siswa, Manajemen, Komite dan Masyarakat yang ingin menggali informasi update dewasa ini.

Berikut manfaat secara garis besar yang dapat dirasakan dalam penggunaan Portal belajar SIGUM dan Website SMA Negeri 5 Binjai adalah sebagai berikut :

  1. Sistem Informasi Manajemen yang menyeluruh tentang seluruh aktivitas, kegiatan pada komponen manajemen di SMA Negeri 5 Binjai
    1. Update aktivitas manajemen online
    2. Update data serta kearsipan Tata Usaha
    3. Update aktivitas Waka Kurikulum Online
    4. Update aktivitas Waka Kesiswaan Online
    5. Update aktivitas Manajemen Mutu Online
    6. Update aktivitas Waka Humas Online
    7. Update aktivitas Waka Sarpras Online
    8. Update Aktifitas workshop guru
    9. Update aktivitas BK Online
    10. Update aktivitas perpustakaan online
    11. Update SIM dan Aktivitas Labor Komputer dan IPA
  2. Master Link yang terhubung dengan kepentingan guru dalam informasi di komunitasnya seperti portal rumah belajar, portal TV edukasi, Radio edukasi, Portal P4TK masing masing bidang seperti Matematika, Kejuruan  dan portal lainnya yang bermanfaat untuk mendukung pembelajaran yang dapat terlihat pada gambar berikut ini :
  3. Fasilitas Media Sosial (Facebook Pendidikan) dan Channel online (Youtube Pendidikan) yang disediakan untuk sarana hiburan dan informasi serta interaksi sosial serta pengembangan diri bagi pengguna (user)
  4. Medsos (Facebook Pendidikan) : Sarana interaksi sosial untuk berkomunikasi dan mengupdate potensi diri siswa serta apapun pendapat yng ingin disampaikan dalam lingkup pembelajaran di SMA Negeri 5 Binjai.
  5. Channel online (Youtube Pendidikan) : Sarana aktualisasi diri untuk mengupload konten / video kreasi guru atau siswa terkait Pembelajaran dan Pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru serta masyarakat lainnya.
  6. Sistem PPDB Online : Aplikasi yang memungkinkan bagi sekolah untuk melakukan penerimaan peserta didik baru berbasis webb yang akan mengurangi tenaga GTK dalam pelaksanaannya pada masa pandemi civd19.
  7. Pustaka Online : Aplikasi yang memungkinkan guru dan siswa melakukan pencarian buku-buku yang dibutuhkan dalam pembelajaran
  8. Portofolio Manajemen, Guru dan Siswa : Data yang memungkinkan penyimapanan dokumentasi penting tentang portofolio manajemen, guru dan siswa. Pada bagian aplikasi ini dirancang update kehadiran siswa yang dilakukan masing-masing guru yang terhubung pada kelas masing-masing dan di link ke wali kelasnya.

Sehingga update kehadiran guru dan siswa dapat dipantau oleh pemangku kepentingan (kepala sekolah), orangtua dan masyarakat. Sehingga progress pembentukan karakter disiplin dapat dibentuk melalui pengawasan yang melekat.

  1. Kelas Online (SIGUM dan Whatsup) : Kelas virtual yang bisa digunakan guru dalam pembelajaran e- learning
  2. Bank Soal, Materi dan video Per KD seluruh mata pelajaran : Aplikasi yang memungkinkan guru dan siswa menggunakan bahan dan konten pembelajaran yang sumber bisa diupload oleh guru dan admin serta konten dasar yang telah dipilihkan pada masing-masing mata pelajaran.

 

Demikian sosialisasi manfaat portal belajar SMA Negeri 5 Binjai. Saran dan Kritik membangun diharapkan untuk pengembangan lebih lanjut.

Wassalam / Terimakasih

 

MAY FRISWANTO, SPd

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tugas Humas ( Hubungan Masyarakat )

Tugas-tugas humas menurut Hadari Nawawi dan Martini Hadari, 1994, 193 yaitu:

  1. Menyebarluaskan informasi tentang suatu gagasa “idea”, agar diketahui maksud atau tujuannya dan manfaatnya oleh berbagai pihak di masyarakat.
  1. Mempersiapkan bahan-bahan yang up to date mengenai sesuatu yang akan dikomunikasikan pemimpin pada masyarakat atau pihak-pihak tertentu dalam kegiatan pidato, wawancara, menyajikan ceramah, pemasaran seminar dan lain-lain. Bahan tersebut bahkan dapat berbentuk konsep atau makalah yang sebelumnya telah dibaca dan diketahui isinya oleh pimpinan.
  2. Memberikan kejelasan tentang informasi yang telah disampaikan administrator/pemimpin pada masyarakat atau pihak-pihak yang terkait.
  3. Menyusun dan mengembangkan rencana yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat “public service” yang disampaikan pada administrator/pemimpin untuk mendapatkan persetujuan.
  4. Meningkatkan partisipasi, dukungan dan bantuan secara konkret dari masyarakat baik berupa tenaga, sarana prasarana maupun dana demi kelancaran dan tercapainya tujuan organisasi.
  5. Menimbulkan dan membangkitkan rasa tanggung jawab yang lebih besar pada masyarakat terhadap kelangsungan program dari organisasi tersebut secara efektif dan efisien.
  6. Mengikut sertakan masyarakat dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi.
  7. Menegakkan dan mengembangkan suatu citra yang menguntungkan “favorable image” bagi organisasi terhadap para stakeholdernya dengan sasaran yang terkait yaitu publik internal dan publik eksternal.
  8. Membuka kesempatan yang lebih luas kepada para pemakai produk/lulusan dan pihak-pihak yang terkait untuk partisipasi dalam meningkatkan mutu organisasi.

Prinsip Humas ( Hubungan Masyarakat )

Adapun Prinsip humas ( hubungan masyarakat ) yang diantaranya yaitu:

  1. Hubungan masyarakat bekerja atas dasar fakta bukan fiksi.
  2. Humas ialah sebuah pelayanan sosial, bukan pelayanan yang bersifat personal.
  3. Humas harus merealisasikan program kegiatan untuk mencari dukungan masyarakat atas kebijaksanaan dan program lembaga yang diwakilinya.
  1. Humas tidak boleh melakukan penipuan ataupun membohongin media massa.
  2. Humas harus menjadi komunikator yang efektif dalam arti sebenarnya “sebagai link”.
  1. Humas haruslah melandaskan kegiatannya kepada penelitian ilmiah dibidang pendapat umum.
  2. Harus dapat bekerja sama dengan para ahli dibidang lain.
  3. Humas berkewajiban menjelaskan problem tentang krisi yang dialami lembaga yang diwakilinya.

Tujuan Humas ( Hubungan Masyarakat )

Adapun tujuan humas ( hubungan masyarakat ) yang diantaranya yaitu:

  • Meningkatkan partisipasi, dukungan dan bantuan secara konkret dari masyarakat baik berupa tenaga, sarana prasarana maupun dana demi kelancaran dan tercapainya tujuan organisasi.
  • Menimbulkan dan membangkitkan rasa tanggung jawab yang lebih besar pada masyarakat terhadap kelangsungan program dari organisasi tersebut secara efektif dan efisien.
  • Mengikut sertakan masyarakat dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi.
  • Menegakkan dan mengembangkan suatu citra yang menguntungkan “favorable image” bagi organisasi terhadap para stakeholdernya dengan sasaran yang terkait yaitu publik internal dan publik eksternal.
  • Membuka kesempatan yang lebih luas kepada para pemakai produk/lulusan dan pihak-pihak yang terkait untuk partisipasi dalam meningkatkan mutu organisasi.

Fungsi Humas ( Hubungan Masyarakat )

Menurut Edward L. Bernays humas memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Memberikan penerangan kepada publik.
  • Melakukan persuasi kepada publik untuk mengubah sikap dan tingkah laku publik.
  • Upaya untuk menyatukan sikap dan perilaku suatu lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyarakat atau sebaliknya.

Kegiatan Humas

Kegiatan humas pada hakikatnya adalah kegiatan berkomunikasi dengan berbagai macam simbol komunikasi, verbal maupun nonverbal. Kegiatan komunikasi nonverbal sebagian besar adalah pekerjaan menulis proposal, artikel, progress report, menulis untuk presentasi, menulis untuk press, membuat rekomendasi,

penyelenggaraan pameran, seminar, special event, riset / penelitian, pers kliping, dan lain sebagainya. Sedangkan verbal lisan antara lain jumpa pers, open house, announcer, presenter, desk information, dan lain sebagainya.

Manfaat Humas ( Hubungan Masyarakat )

Adapun manfaat humas menurut Frank Jefkins, 1998, 333 yaitu:

  • Manajemen Krisis

Dalam beberapa decade belakangan ini, boleh dikatakan hampir seluruh organisasi pernalah mengalami krisis sehingga kalangan pimpin atau pihak manajemennya mulai menyadari bahwa mereka membutuhkan serangkaian persiapan dan kesiapan tersendiri untuk mengatasi berbagai masalah mendesak, terutama yang berkaitan dengan hubungan pers atau hubungan media. Oleh karena itu setiap organisasi/perusahaan perlu membentuk sebuah tim manajemen krisis yang permanen.

  • Penerbitan Desk-Top

System penerbitan desk-top memang sangat bermanfaat, namun lebih membutuhkan operator yang berdedikasi dan waktu dari editor dari pada metode editing konvensional yang masih menggunakan pensil, tumpukan kertas dan logam-logam pembentuk huruf.

  • Identitas Sekolah

Tugas untuk menciptakan identitas perusahaan biasanya menjadi tanggung jawab staf humas karena hal itu menyangkut semua aspek dari organisasi secara keseluruhan dan menjadi bagian yang sangat penting dari keseluruhan komunikasi yang dijalankan organisasi.

Share with:

Leave a Reply